SYARAT DAN KETENTUAN – DUTA MONEY
PT. DUTA
TEKNOLOGI KREATIF
Terima Kasih Anda telah mengunduh
Aplikasi DutaMoney. Aplikasi DutaMoney adalah layanan aplikasi sebagaimana
dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pada saat Anda mengunduh Aplikasi,
Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami,
menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang akan berlaku sebagai
perjanjian antara Anda dengan PT Duta Teknologi Kreatif, beserta rekanan PT
Duta Teknologi Kreatif yang tergabung dalam Layanan Aplikasi ini.
MOHON ANDA
MEMBACA DAN MEMAHAMI SYARAT DAN KETENTUAN KAMI DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENGUNDUH
APLIKASI ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI UNTUK PERTAMA KALI-NYA.
Layanan yang tersedia untuk Anda pada
Aplikasi DutaMoney sangat beragam, sehingga kami harus mencantumkan atau
memberlakukan Syarat dan Ketentuan tambahan untuk keperluan Layanan tertentu,
dimana persyaratan tambahan tersebut merupakan bagian dari Layanan kami dan
akan tunduk dan terikat dengan Syarat dan Ketentuan ini.
Kami berhak untuk, dari waktu ke
waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau
sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan ini. Oleh karena itu, Kami menyarankan
Anda untuk senantiasa membaca Syarat dan Ketentuan ini agar Anda dapat memahami
setiap ketentuan-ketentuan yang Kami berlakukan dari waktu ke waktu pada Syarat
dan Ketentuan ini.
Syarat dan Ketentuan ini berlaku
terhadap Anda maupun atas Transaksi atau atas penggunaan Layanan oleh atau
melalui Akun Anda dimanapun Anda berada, baik di wilayah Republik Indonesia
maupun di wilayah Negara lainnya.
Jika Anda melanjutkan untuk
menggunakan Aplikasi DutaMoney setelah membaca Syarat dan Ketentuan ini
(termasuk pada perubahannya), Anda dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan
ini dan dapat menggunakan Aplikasi DutaMoney.
DEFINISI
1. “Aplikasi DutaMoney” adalah
aplikasi ini yang Anda unduh (download) sehingga Anda masuk pada Laman ini atau
Syarat dan Ketentuan ini, yang saat ini dikenal dengan merek, nama, logo
dan/atau tanda yang dikenal dengan “DutaMoney” atau merek, nama, logo dan/atau
tanda lainnya.
2. “Akun” atau “Akun Anda” berarti
identifikasi khusus yang dibuat di DutaMoney berdasarkan permintaan pendaftaran
Anda.
3. “Data” berarti adalah setiap data,
informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu
(termasuk pada saat Anda mengunduh (download) Aplikasi) Anda sampaikan kepada
Kami/Penyedia Layanan atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau
melalui Aplikasi.
4. “Kami” adalah PT Duta Teknologi
Kreatif (VI).
5. “Layanan” berarti setiap layanan,
program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang disediakan
dan/atau ditawarkan dalam atau melalui Aplikasi.
6. “Layanan Pelanggan (Call Center
DutaMoney)” adalah fungsi customer service
centeryang
dapat dihubungi lewat panggilan
telepon dan/atau email.
7. “DutaMoney” adalah sistem
elektronik (platform) yang dibuat oleh PT Duta Teknologi Kreatif (VI).
8. “Pengguna DutaMoney” adalah
pengguna Aplikasi.
9. “Syarat dan Ketentuan” berarti
Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian,
penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
10. “Transaksi” berarti segala
transaksi, kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui
Aplikasi, Akun dan/atau Security Code termasuk penggunaan Layanan atau
fitur-fitur tertentu dalam Layanan atau Aplikasi.
11. “VI” adalah PT Duta Teknologi
Kreatif, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara
Republik Indonesia.
PANDUAN SINGKAT
1. Aplikasi DutaMoney merupakan
aplikasi perangkat lunak dimana seluruh instruksi yang Anda lakukan akan berasal dari mobile aplikasi atau online.
2. Aplikasi DutaMoney dapat
dioperasikan melalui HP Android (OS 4.2 ke atas) melalui Google Play Store.
3. Anda akan
diminta untuk melakukan otorisasi instruksi dengan menggunakan berbagai jenis
informasi keamanan yang berbeda (misalnya OTP, nama pengguna, PIN, Pertanyaan
Rahasia) jika dibutuhkan.
4. Setelah melakukan otorisasi,
DutaMoney akan melaksanakan instruksi sesuai perintah
Anda, Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan
Anda kepada pihak lain.
5. DutaMoney memastikan kerahasiaan
dan keamanan informasi diri yang Anda berikan terjaga dengan baik. Penggunaan data
Anda akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang
berlaku.
6. Anda dapat menanyakan atau memberi
masukan kepada kami melalui Contact Center Layanan Pengguna DutaMoney (031 9920-4050).
Aplikasi DutaMoney menawarkan 2 (dua)
jenis klasifikasi pelanggan dengan jenis layanan DutaMoney atau fitur-fitur
layanan yang berbeda. Klasifikasi pelanggan tersebut adalah:
A. DutaMoney Non-Verifikasi
DutaMoney Non-Verifikasi adalah
klasifikasi keanggotaan DutaMoney yang memungkinkan Anda dapat menikmati
fasilitas uang elektronik (Non-Verifikasi).
Untuk DutaMoney Non-Verifikasi,
maksimum saldo DutaMoney adalah Rp 2.000.000 (Dua juta Rupiah)
Jika Anda ingin mendapatkan layanan
yang lebih dari DutaMoney, Anda dapat meng-upgrade DutaMoney Non-Verifikasi Anda
menjadi DutaMoney Verifikasi, dengan fitur layanan DutaMoney yang lebih
beragam.
B. DutaMoney Verifikasi
DutaMoney Verifikasi adalah
klasifikasi keanggotaan DutaMoney yang memungkinkan Anda dapat menikmati
fasilitas uang elektronik “Verifikasi”, fitur layanan Transfer Dana, dan fitur
layanan lainnya yang dapat Kami tambahkan dari waktu ke waktu (“Layanan”).
Untuk DutaMoney Verifikasi, maksimum
saldo DutaMoney adalah Rp 10.000.000 (Sepuluh juta Rupiah).
7.
Anda dapat
melakukan ubah Pin secara berkala untuk keamanan akun anda, dengan cara masuk
ke halaman pengaturan –
Ubah Pin–
Ketik
PIN lama- Ketik PIN Baru-Ketik ulang PIN Baru
.
8. Penutupan akun dapat dilakukan
jika saldo
DutaMoney
anda
sebesar Rp. 0 (nol), dengan mengirimkan permohonan penutupan akun melalui
alamat email
deactivate@dutamoney.co.id
, jika
akun sudah ditutup maka pengguna tidak dapat melakukan registrasi ulang dengan
nomor handphone dan/atau email yang sama
.
KEWAJIBAN PERNYATAAN DAN JAMINAN
1. Anda hanya dapat mengakses atau
menggunakan Aplikasi, Layanan, dan/atau Sistem (a) sesuai dengan Syarat dan
Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan
atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktifitas,
perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum,
peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak
manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda
telah mengunduh (download) software yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak
bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan
Sistem atau Aplikasi atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software
yang salah untuk perangkat Anda.
2. Anda dilarang untuk menggunakan
Layanan, Aplikasi dan/atau Akun atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan,
kegiatan, aktifitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau
kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi milik pihak
manapun); (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang
merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan
horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program;
dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Sistem dan/atau Aplikasi.
3. Anda dilarang untuk melakukan
tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi atau Akun serta dilarang
untuk melakukan Transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami atau
Penyedia Layanan.
4. Anda dengan ini secara tegas
menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
a. Anda adalah individu
yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara
Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan
ini. Jika Anda tidak memenuhi syarat ini, Kami berhak untuk sewaktu-waktu untuk
men-nonaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi,
baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya;
b. Anda memiliki hak,
wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan Akun serta untuk
melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan;
c. Anda telah membaca
seluruh isi Syarat dan Ketentuan serta telah mengerti dan memahami seluruh isi
Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk
tunduk dengan serta melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;
d. Anda menyatakan dan
menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang
berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan
perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan akun ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam
rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan
peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi
tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari
pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK)
berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik
Indonesia, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan VI dari
segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda
melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan
perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
e. Seluruh Data baik yang
telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau
cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu
ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta
tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan
intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada
Kami atau pada atau melalui Aplikasi atau Sistem tidak bertentangan dengan
hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan
atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda
terikat;
f. Layanan, Aplikasi
maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda
sendiri yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf c di atas;
g. Anda tidak akan
memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi
apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, Akun dan/atau PIN,
dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang
untuk mengalihkan Akun kepada orang atau pihak manapun; dan
h. dalam atau pada saat
menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun, Anda setuju untuk mematuhi dan
melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang
berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda
maupun di negara atau kota dimana Anda berada.
5. Dengan melaksanakan transaksi
melalui Aplikasi Mobile DutaMoney, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan
instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti
solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan
dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju
untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dan rekanan-rekanan Kami dari segala
kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi)
yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.
PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
1. Layanan disediakan dalam kondisi
“as is” atau “apa adanya”. Kami dan bank (dalam beberapa fitur) tidak
memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas,
keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau
kelengkapan Layanan, Aplikasi dan/atau Sistem. Kami tidak memberikan pernyataan
atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
a. penggunaan Layanan,
Aplikasi, Akun dan/atau Sistem (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat
waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan
lain atau komponen berbahaya lainnya;
b
. Layanan, Aplikasi, Akun
dan/atau Sistem dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau
dengan kombinasi perangkat (baik hardware maupun software) atau sistem pihak
lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi;
c
. penyediaan Layanan
maupun Aplikasi atau kelancaran ber-Transaksi atau penggunaan Akun akan
memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
d
. setiap data transaksi
yang Kami simpan atau tersimpan dalam Sistem harus akurat atau terpercaya;
e
. kualitas Layanan atau
Aplikasi akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda; dan
f
. tidak akan ada
kesalahan, gangguan atau cacat dari Sistem, Layanan dan/atau Aplikasi.
Mengingat bahwa VI hanya sebagai
penyedia platform atas sebagian besar Layanan yang disediakan oleh Penyedia
Layanan, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau
ketersediaan dari Layanan tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan Layanan
tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Penyedia Layanan.
2. Anda mengetahui dan setuju bahwa
Kami berhak untuk memblokir dan/atau menutup Akun dan/atau layanan/fasilitas
apabila: a.) Kami memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan
bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau
kriminal yang terkait dengan Akun dan/atau layanan/fasilitas Pengguna
DutaMoney; b.) Pemegang atau Nasabah memberikan data yang tidak valid/tidak
lengkap kepada Kami; c.) Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian,
Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK),
Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan
yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh
Pemilik akun.
3. Anda dengan ini mengetahui bahwa
Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat
atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang
disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya
jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak
tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada
perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala
keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu
Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.
4. Anda dengan ini mengetahui bahwa
terdapat kemungkinan (a) Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem
atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik,
tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b)
Layanan (atau fitur-futur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak
tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim
kepada Kami.
5. Kami dalam kondisi apapun tidak
bertanggung jawab atas segala Klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun
atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau
sehubungan dengan:
a. kehilangan Data;
b
. kehilangan pendapatan,
keuntungan atau pemasukan lainnya;
c. kehilangan, kerusakan
atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Anda atas
Aplikasi, Layanan dan/atau Akun atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Anda
dalam menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun; atau
d
. tuntutan maupun gugatan
yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi
dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda,
antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum
dijalankan) yang disampaikan kepada VI, kecuali jika kerugian tersebut terjadi
akibat kesalahan yang disengaja atau kelalaian oleh VI
6. Anda dengan ini setuju dan
mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari segala Klaim dalam bentuk apapun
dan dimanapun dalam hal Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau
meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi
atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena
kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Kami termasuk
namun tidak terbatas pada (a) segala gangguan virus komputer, (b) sistem trojan
horses, (c) komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu
Aplikasi, Layanan dan/atau Akun, (d) layanan atau jasa Internet Service
Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam
Layanan, dan/atau (e) bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan,
sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan
telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau
keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau
kemampuan Kami.
7. Anda dengan ini setuju dan
mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh Klaim dalam
bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau
terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
a.penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat
dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau
hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami
dalam Syarat dan Ketentuan ini;
b.pemberian Data baik secara langsung maupun
tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi ini yang
Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan
perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan
intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar
kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan
dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset
Anda terikat;
c.penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan
(i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat
dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal,
tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
8. Anda dengan ini setuju dan
mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti
seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami
keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim
sebagaimana dimaksud butir 6, 8 dan 9 di atas (termasuk tetapi tidak terbatas
pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan
pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).
9. Anda dengan ini setuju bahwa Kami
akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan
instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh
kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Kami, meliputi
tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi
perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan
daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang
ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
10. Setelah kejadian yang menyebabkan
VI dan/atau rekanannya tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pemilik Akun
berakhir, maka VI dan/atau rekanannya akan melanjutkan kembali instruksi
tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia dan/atau
Otoritas Jasa Keuangan.
11. Sebagai Pengguna DutaMoney,
pemilik Akun, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan Akun
Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi yang Anda gunakan
untuk login dan mengakses Akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu,
Kami tidak bertanggung jawab apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan
oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan Akun Anda, dan dengan ini Anda
membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi
Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda
ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun
Anda.
HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
1. Seluruh Sistem dan Aplikasi
termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan
Aplikasi yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi Anda; (b)
logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan
susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur
sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan
Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas
Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.
2. Anda dilarang untuk dengan cara apapun dan dalam kondisi apapun menggunakan Hak
Kekayaan Intelektual milik kami sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas,
tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.
MASA BERLAKU DAN PENGAKHIRAN
1. Perjanjian ini berlaku selama Anda
belum melakukan penutupan Akun dan uang elektronik pada Layanan DutaMoney.
2. Kami berhak untuk (i) tidak
melaksanakan perintah dari Anda, (ii) tidak melanjutkan atau tidak meneruskan
atau membatasi Transaksi, (iii) menghentikan, menangguhkan atau men-nonaktifkan
penggunaan Akun, Layanan atau Aplikasi, dan/atau (iv) menghentikan atau menangguhkan
keanggotaan Anda sebagai pengguna Aplikasi, dimana untuk masing-masing kondisi
tersebut di atas baik untuk sementara waktu, untuk jangka waktu tertentu atau
untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap
baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:
a. berdasarkan penilaian,
keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Kami mengetahui atau menduga
telah atau akan terjadi atau dilakukan penggunaan Akun, Security Code, Aplikasi
dan/atau Layanan untuk tujuan penipuan, tujuan kriminal, aksi kejahatan
dan/atau untuk tujuan, alasan, aksi atau aktifitas lainnya yang melanggar hukum
atau peraturan perundang-undangan negara Republik Indonesia maupun negara lain;
b. berdasarkan penilaian,
keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri (a) Kami mengetahui atau menduga
terjadi Transaksi yang tidak wajar, dan/atau (b) jumlah Transaksi dengan
menggunakan atau melalui Akun dan/atau Security Code dalam satu hari melebihi
jumlah atau tingkat kewajaran Transaksi, masing-masing sebagaimana ditentukan
oleh Kami; (c) limit deposit yang dapat disimpan pada Duta Money ditetapkan
sebagai berikut: a. untuk yang
Non Verifikasi
paling banyak Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah); dan b. untuk yang
Verifikasi
paling banyak Rp 10.000.000,00
(sepuluh juta rupiah). Sedangkan untuk Batas nilai transaksi dalam 1 (satu)
bulan paling banyak Rp 20.000.000,00 (dua puluh juta
rupiah)
dari total pemasukan.
c
. berdasarkan penilaian,
keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Anda telah melanggar satu atau
lebih Syarat dan Ketentuan;
d
. sebagian atau seluruh
Data tidak benar, tidak lengkap, palsu, fiktif dan/atau menyesatkan;
e
. alamat email atau
telepon yang Anda cantumkan atau gunakan untuk penggunaan Aplikasi atau Layanan
atau untuk melakukan Transaksi telah terblokir;
f. Anda belum melengkapi
proses atau persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan hukum dan/atau
peraturan perundang-undangan yang berlaku;
g. Kami sedang melakukan
pembaharuan, pemeliharaan, perubahan, up-grade, penyesuaian, penggantian
dan/atau tindakan lain atas Aplikasi, Layanan dan/atau Sistem (atau bagian
manapun daripadanya) dan untuk itu Kami tidak berkewajiban
mempertanggungjawabkannya kepada siapapun; dan/atau
h. Anda meninggal dunia.
3. Anda
dengan ini sepakat untuk mengenyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3)
Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi
dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik
sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa
diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.
4
. Anda sepakat dan mengikatkan diri
untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau
mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan
Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.
HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
1. Syarat dan Ketentuan ini diatur
dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
2. Segala perselisihan atau
pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang
diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk
perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan
hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini
(“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara
sebagai berikut:
a
. salah satu pihak baik
Anda atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis
kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan
(“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara
musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender
sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian
Musyawarah”);
b. jika Perselisihan tidak
dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode
Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama
menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan
Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis
yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua.
c. proses mediasi oleh
Mediator khusus untuk sengketa Para Pihak dibidang Perbankan, diselesaikan
penyelesaiannya oleh Para Pihak kepada LAPSPI yaitu Lembaga Alternatif
Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia sebagaimana diatur dalam Peraturan
Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2014 tentang Perlindungan Konsumen
Sektor Jasa Keuangan, yang diundangkan tanggal 23 Januari 2014 (Lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 12, Tambahan Lembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 5499) beserta perubahannya apabila ada.
d. Anda wajib untuk
menanggung seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran yang telah atau mungkin Kami
keluarkan atau bayarkan dalam rangka penyelesaian Perselisihan (termasuk tetapi
tidak terbatas pada biaya, ongkos dan pengeluaran untuk menghadiri sidang
arbitrase serta untuk mempersiapkan dan mengajukan segala pembelaan, gugatan,
tuntutan, informasi, bukti, keterangan dan/atau dokumen apapun dalam rangka
pelaksanaan atau selama proses sidang arbitrase) sampai dengan adanya putusan
arbitrase yang final dan mengikat;
e. Kecuali disyaratkan
berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan
atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan
atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian
Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang
sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan
Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan
Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan
cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak
manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk
tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya)
dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan butir (f) ini, Anda dengan
ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk
menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau PIN dapat sewaktu-waktu diakhiri
atau dinon-aktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk
seterusnya.
KETENTUAN LAIN
1. Untuk setiap masalah yang
berkaitan dengan Transaksi, Layanan dan/atau Akun, Anda dapat meminta bantuan
pada atau dari Contact Center atau Layanan Pengguna DutaMoney Kami pada nomor [031
9920-4050]. Anda juga dapat melakukan pengaduan tertulis kepada Kami ke alamat
email sebagai berikut [info@dutamoney.co.id] dengan wajib menyertakan bukti
pendukung yang dapat Kami terima untuk penyampaian pengaduan tertulis tersebut.
2. Seluruh persetujuan, kuasa,
wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan
ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum
Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih
menggunakan dan/atau memiliki Akun.
3. Anda dengan ini membebaskan Kami
dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami
berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam
atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami
berdasarkan Syarat dan Ketentuan.