Syarat dan Ketentuan

Penggunaan Aplikasi DutaMoney

(Diperbaharui pada tanggal: 4 Juli 2024)

(Pembaharuan sebelumnya pada tanggal: 16 Mei 2024)

 

Terima Kasih Anda telah menggunakan layanan DutaMoney. DutaMoney adalah layanan aplikasi sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pada saat Anda menggunakan layanan DutaMoney, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima, dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan PT Duta Teknologi Kreatif, beserta rekanan PT Duta Teknologi Kreatif yang tergabung dalam Layanan ini.

MOHON ANDA MEMBACA DAN MEMAHAMI SYARAT DAN KETENTUAN KAMI DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENGUNDUH APLIKASI ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI UNTUK PERTAMA KALI-NYA.

 

Layanan yang tersedia untuk Anda pada Aplikasi DutaMoney sangat beragam, sehingga Kami harus mencantumkan atau memberlakukan Syarat dan Ketentuan tambahan untuk keperluan Layanan tertentu, di mana persyaratan tambahan tersebut merupakan bagian dari Layanan kami dan akan tunduk dan terikat dengan Syarat dan Ketentuan ini.

 

Kami berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan ini. Oleh karena itu, Kami menyarankan Anda untuk senantiasa membaca Syarat dan Ketentuan ini agar Anda dapat memahami setiap ketentuan-ketentuan yang Kami berlakukan dari waktu ke waktu pada Syarat dan Ketentuan ini.

 

Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap Anda maupun atas Transaksi atau atas penggunaan Layanan oleh atau melalui Akun Anda dimanapun Anda berada, baik di wilayah Republik Indonesia maupun di wilayah Negara lainnya.

 

Jika Anda melanjutkan untuk menggunakan Aplikasi DutaMoney setelah membaca Syarat dan Ketentuan ini (termasuk pada perubahannya), Anda dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan dapat menggunakan Aplikasi DutaMoney.

 

  1. Istilah dan Pengertian
  1.      Aplikasi” adalah aplikasi ini yang Anda unduh (download) sehingga Anda masuk pada Laman ini atau Syarat dan Ketentuan ini, yang saat ini dikenal dengan merek, nama, logo dan/atau tanda yang dikenal dengan “DutaMoney” atau merek, nama, logo dan/atau tanda lainnya.

 

  1.      Akun” atau “Akun Anda” berarti identifikasi khusus yang dibuat di DutaMoney berdasarkan permintaan pendaftaran Anda.

 

  1.      Data” berarti adalah setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu (termasuk pada saat Anda mengunduh (download) Aplikasi) Anda sampaikan kepada Kami/Penyedia Layanan atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui Aplikasi.

 

  1.      Kami” atau “DTK” adalah PT Duta Teknologi Kreatif.

 

  1.      Layanan” berarti setiap layanan, program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang disediakan dan/atau ditawarkan dalam atau melalui Aplikasi.

 

  1.      Layanan Pelanggan (Call Center DutaMoney)” adalah fungsi customer service center  yang dapat dihubungi lewat panggilan telepon dan/atau email.

 

  1.      DutaMoney” adalah sistem elektronik (platform) yang dibuat oleh PT Duta Teknologi Kreatif.

 

  1.      Anda” atau “Pengguna DutaMoney” adalah pengguna Aplikasi.

 

  1.         Saldo DutaMoney” adalah jumlah uang elektronik Pengguna DutaMoney yang tercatat dan tersimpan di DutaMoney. Uang yang menjadi dasar penerbitan uang elektronik akan ditampung di rekening penampungan dan dapat digunakan oleh Pengguna DutaMoney untuk melakukan Transaksi dengan menggunakan DutaMoney.

 

  1.   Syarat dan Ketentuan” berarti Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.

 

  1.   Transaksi” berarti segala transaksi, kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui Aplikasi, Akun dan/atau Security Code termasuk penggunaan Layanan atau fitur-fitur tertentu dalam Layanan atau Aplikasi.

 

  1.   PT Duta Teknologi Kreatif” adalah suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

 

  1.   QRIS” adalah Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

 

  1. Ruang Lingkup

 

Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh pengguna yang mengakses dan/atau menggunakan salah satu atau seluruh layanan uang elektronik DutaMoney beserta layanan-layanan yang terkait dengannya yang disediakan oleh DutaMoney atau melalui platform resmi lainnya dari beberapa mitra kami di mana melalui platform tersebut sebagian atau seluruh dari fitur yang disediakan oleh DutaMoney, dan oleh karena itu setiap orang yang menyampaikan permintaan atau memberikan informasi kepada kami, afiliasi kami atau kepada Mitra terkait dengan sebagian atau seluruh layanan DutaMoney.

 

  1. Mekanisme Registrasi Akun

 

  1.       Anda dapat menggunakan akun DutaMoney dengan melakukan permohonan penggunaan akun dan/atau permintaan registrasi pada aplikasi dan/atau platform mitra resmi manapun. Anda wajib memberikan data dan informasi yang valid, akurat, dan terbaru pada saat Anda melakukan permohonan penggunaan akun DutaMoney.

 

  1.       Pembukaan dan registrasi akun DutaMoney hanya dapat dilakukan oleh anda sendiri sebagai subjek hukum. Anda menyatakan dan menjamin bahwa registrasi akun DutaMoney hanya dilakukan untuk kepentingan anda dan bukan untuk kepentingan badan hukum maupun badan usaha manapun. Kami berhak menolak registrasi yang anda lakukan atas akun DutaMoney untuk kepentingan pihak manapun selain anda, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.

 

  1. Verifikasi Akun

 

  1.       Anda dapat diminta untuk menyampaikan dokumen dan/atau informasi tambahan sebagaimana yang kami telah instruksikan. Hal ini dilakukan hanya untuk anda yang ingin menggunakan layanan tertentu yang disediakan untuk pengguna DutaMoney yang sudah terverifikasi.

 

  1.       Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang telah anda berikan melalui aplikasi kami atau aplikasi Mitra dan menentukan apakah anda telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna permohonan penggunaan akun yang terverifikasi. Dengan ini anda setuju bahwa kami dapat mengungkapkan kepada dan/atau mengumpulkan data dan informasi dari rekanan kami yang telah bekerjasama dengan kami setiap dan seluruh informasi dan dokumen dalam rangka pemrosesan verifikasi akun.

 

  1.       Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan penggunaan akun dan/atau permintaan registrasi merupakan kewenangan kami sepenuhnya dengan memperhatikan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Fitur DutaMoney

 

  1.       Saldo DutaMoney
  1. Saldo DutaMoney tidak berlaku perhitungan bunga, sehingga anda tidak akan memperoleh bunga dalam bentuk apapun. Saldo DutaMoney bukan merupakan simpanan sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-Undang tentang Perbankan dan tidak akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan.

 

  1. Anda dapat memeriksa saldo DutaMoney melalui aplikasi DutaMoney maupun Mitra.

 

  1. Saldo DutaMoney hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi melalui aplikasi DutaMoney dan/atau Mitra.

 

  1.       Pengisian (Top-up) dan penarikan (Cash-out)
    1.         Saldo uang elektronik DutaMoney anda dapat dilakukan melalui kanal yang kami dan/atau Mitra kami telah sediakan, termasuk melalui kanal bank bank. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu yang mana dapat berbeda tergantung dari kanal yang digunakan.

 

  1.         Anda memahami bahwa pengisian (Top-up) dan penarikan (Cash-out) yang dilakukan melalui Mitra atau kanal pihak ketiga sewaktu-waktu dapat mengalami gangguan pada sistem dan/atau jaringan. Gangguan sebagaimana dimaksud merupakan tanggung jawab dari Mitra dan/atau kanal pihak ketiga dan berada diluar kendali kami.

 

  1.         Fitur penarikan (Cash-out) hanya dapat digunakan kepada anda yang telah memiliki akun terverifikasi. Penarikan (Cash-out) ditujukan untuk penarikan ke rekening tabungan di suatu bank yang telah ditentukan oleh anda.

 

  1.       Pembelian isi ulang pulsa dan pembayaran tagihan
    1.         Pembelian isi ulang pulsa operator telekomunikasi atau operator lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi DutaMoney dan/atau Mitra dengan denominasi yang tersedia atau sesuai petunjuk yang terdapat pada aplikasi DutaMoney dan/atau Mitra.

 

  1.         Pembayaran tagihan pasca bayar atau tagihan rutin bulanan seperti tagihan listrik, tagihan air dan tagihan lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi DutaMoney dan/atau Mitra.

 

  1.       Transaksi Pembayaran Melalui Kanal QRIS
  1.        Jenis QRIS yang di gunakan oleh Dutamoney:

QRIS Merchant Presented Mode (QRIS MPM)

  1. QRIS MPM Statis - tampilan image QRIS ditampilkan dalam bentuk stiker/hasil cetak/digital. Tampilan image QRIS MPM Statis dapat juga dikirimkan oleh Merchant kepada Pengguna melalui sarana digital untuk diunggah pada aplikasi pembayaran dari PJP QRIS yang menerapkan fitur QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM).

 

  1. QRIS MPM Dinamis - tampilan image QRIS ditampilkan pada layar terminal digital (menggunakan perangkat Electronic Data Capture (EDC), tablet, TV, komputer dan lain-lain) dan non digital (struk EDC dan lain-lain).

 

  1.        Nominal Transaksi QRIS

Ketentuan Pasal 8 dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tanggal 16 Agustus 2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 23/8/PADG/2021 tanggal 30 April 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran, diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:

  1. Nominal Transaksi QRIS dibatasi paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) per transaksi.

 

  1. Penerbit dapat menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan atas Transaksi QRIS yang dilakukan oleh masing-masing Pengguna QRIS.

 

  1. Batas nominal kumulatif sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan sesuai dengan aturan batas uang elektronik Bank Indonesia.

 

  1.        Manfaat Penggunaan QRIS bagi Pengguna:
  1. transaksi mudah dan cepat;
  2. nyaman, tidak perlu membawa uang tunai dan menerima pengembalian transaksi;
  3. higienis;
  4. dapat memperoleh penawaran promosi dari PJP QRIS;
  5. terhindar dari uang palsu;
  6. mengikuti tren kekinian; dan
  7. alternatif pembayaran.

 

  1.        Transaksi QRIS Dutamoney
    1.         Transaksi pembayaran melalui kanal QRIS dapat dilakukan melalui aplikasi DutaMoney dan/atau aplikasi Mitra yang sudah tertaut dengan uang elektronik Dutamoney.

 

  1.         Pengguna Dutamoney dapat melakukan transaksi pembayaran melalui kanal QRIS di merchant-merchant yang menerima transaksi pembayaran melalui kanal QRIS.

 

  1.         QRIS yang tersedia pada merchant dapat dipindai oleh Pengguna Dutamoney melalui aplikasi DutaMoney dan/atau aplikasi Mitra yang sudah tertaut dengan uang elektronik Dutamoney untuk menyelesaikan transaksi di merchant tersebut.

 

  1.       Cara Menggunakan QRIS yang aman:
  1.        Perhatikan Lokasi Pemasangan Kode QRIS

Ketika Anda hendak melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS, perhatikan dengan cermat lokasi pemasangan kode QRIS tersebut. Pastikan bahwa QRIS yang akan Anda gunakan terpasang di tempat yang sah dan terpercaya. Hindari menggunakan kode QRIS yang dipasang secara sembarangan atau mencurigakan, seperti yang terdapat di tempat yang gelap atau tersembunyi.

 

  1.        Cek Kesesuaian Nama Tujuan Kode dengan Merchant di Layar

Setelah melakukan scan QR, periksa dengan seksama nama tujuan transaksi yang muncul di layar ponsel Anda. Pastikan bahwa nama tujuan tersebut sesuai dengan merchant yang sebenarnya. Jika terdapat perbedaan antara nama tujuan kode QRIS dengan merchant yang seharusnya, sebaiknya Anda berhati-hati karena hal tersebut dapat menjadi tanda adanya tindakan penipuan.

 

  1.        Periksa Ulang Detail Nominal Pembayaran dan Notifikasi Transaksi

Sebelum mengkonfirmasi pembayaran, periksa kembali detail nominal pembayaran yang tertera di layar ponsel Anda. Pastikan bahwa nominal tersebut sesuai dengan yang seharusnya dan tidak ada perbedaan yang mencurigakan. Selain itu, perhatikan juga notifikasi transaksi yang muncul setelah Anda melakukan pembayaran. Jika terdapat informasi yang aneh atau mencurigakan, segera tanyakan kepada petugas atau pihak yang berwenang sebelum melanjutkan transaksi.

 

  1.        Jangan Memberikan Informasi Sensitif Setelah Scan QR

Saat Anda melakukan scan QRIS, pastikan untuk tidak memberikan informasi sensitif kepada pihak lain, terutama jika diminta secara tidak wajar. Informasi sensitif seperti PIN atau password harus selalu dijaga kerahasiaannya dan tidak boleh diberikan kepada siapapun. Penipu seringkali menggunakan modus meminta informasi sensitif sebagai upaya untuk melakukan penipuan lebih lanjut.

 

  1.        Laporkan kepada PJP Jika Ada yang Mencurigakan

Jika Anda menemukan hal yang mencurigakan, misalnya terdapat perbedaan antara nama merchant dengan tujuan QRIS atau ada kode QRIS yang ditumpuk, segera laporkan kepada Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) yang berwenang. Mereka akan memberikan bantuan dan tindakan yang diperlukan untuk mencegah penipuan lebih lanjut. Laporan Anda dapat membantu pihak berwenang untuk mengungkap dan mengatasi praktik penipuan yang berhubungan dengan QRIS.

 

  1.        Hati-hati Saat Mengakses Link dari Kode QR

Ketika Anda hendak melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS, perhatikan dengan cermat lokasi pemasangan kode QRIS tersebut. Pastikan bahwa QRIS yang akan Anda gunakan terpasang di tempat yang sah dan terpercaya. Hindari menggunakan kode QRIS yang dipasang secara sembarangan atau mencurigakan, seperti yang terdapat di tempat yang gelap atau tersembunyi.

 

  1. Biaya

 

  1.       Dalam penggunaan layanan uang elektronik DutaMoney baik itu pada aplikasi maupun pada aplikasi Mitra, maka anda dapat dikenakan biaya, termasuk biaya pengisian (Top-up) dan penarikan (Cash-out) sebagaimana yang dapat ditetapkan oleh kami, mitra platform maupun pihak ketiga lainnya. Kami akan memberitahukan kepada anda apabila ada biaya yang akan kami tetapkan.

 

  1.       Biaya lain yang dikenakan oleh pihak ketiga secara langsung kepada anda tanpa melalui kami, seperti biaya pembayaran administrasi atas pembayaran tagihan merupakan tanggung jawab pihak ketiga dan berada diluar kendali kami.

 

  1.       Biaya Transaksi pembayaran melalui kanal QRIS.

Pengguna Dutamoney yang melakukan transaksi pembayaran melalui kanal QRIS di merchant-merchant yang menerima transaksi pembayaran melalui kanal QRIS tidak akan dikenakan biaya transaksi apapun.

Jenis Biaya

Biaya

Biaya per transaksi pembayaran melalui kanal QRIS

Rp 0,- / Gratis

 

  1. Risiko Uang Elektronik DutaMoney

 

Anda perlu memahami bahwa setiap informasi login anda, termasuk detail log-in maupun PIN pada saat melakukan otorisasi transaksi ke aplikasi anda dan/atau Mitra adalah rahasia, dan karenanya anda tidak diperkenankan untuk mengungkapkan detail informasi login anda. Kami dan/atau petugas kami dan/atau afiliasi kami tidak akan pernah menanyakan password dan/atau PIN dan/atau hal apapun yang menyangkut proses otorisasi dari transaksi dengan cara apapun. Anda setuju untuk menanggung setiap resiko yang terjadi atas pengungkapan informasi tersebut dan bertanggung jawab atas setiap konsekuensi yang terjadi.

 

  1. Kewajiban Pernyataan dan Jaminan

 

  1.       Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan, dan/atau Sistem (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktivitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh (download) software yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Sistem atau Aplikasi atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.

 

  1.       Anda dilarang untuk menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktifitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi milik pihak manapun); (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Sistem dan/atau Aplikasi.

 

  1.       Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi atau Akun serta dilarang untuk melakukan Transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami atau Penyedia Layanan.

 

  1.       Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
    1.         Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memenuhi syarat ini, Kami berhak untuk sewaktu-waktu untuk mengaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya;

 

  1.         Anda memiliki hak, wewenang, dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan Akun serta untuk melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan;

 

  1.         Anda telah membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan serta telah mengerti dan memahami seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk tunduk dengan serta melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;

 

  1.         Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan akun  ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Dutamoney dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;

 

  1.         Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Kami atau pada atau melalui Aplikasi atau Sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain di mana Anda merupakan pihak atau di mana Anda atau aset Anda terikat;

 

  1.          Layanan, Aplikasi maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf c di atas;

 

  1.         Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, Akun dan/atau PIN, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan Akun kepada orang atau pihak manapun; dan

 

  1.         Dalam atau pada saat menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota di mana Anda berada.

 

  1.       Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi Mobile DutaMoney, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dan rekanan-rekanan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.
  1. Pembatasan Tanggung Jawab

 

  1.          Layanan disediakan dalam kondisi “as is” atau “apa adanya”. Kami dan bank (dalam beberapa fitur) tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan Layanan, Aplikasi dan/atau Sistem. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
    1.         penggunaan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;

 

  1.         Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik hardware maupun software) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi;

 

  1.         Penyediaan Layanan maupun Aplikasi atau kelancaran bertransaksi atau penggunaan Akun akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;

 

  1.         Setiap data transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam Sistem harus akurat atau terpercaya;

 

  1.         Kualitas Layanan atau Aplikasi akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda; dan

 

  1.          Tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Sistem, Layanan dan/atau Aplikasi.

 

Mengingat bahwa Dutamoney hanya sebagai penyedia platform atas sebagian besar Layanan yang disediakan oleh Penyedia Layanan, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau ketersediaan dari Layanan tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan Layanan tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Penyedia Layanan.

 

  1.          Anda mengetahui dan setuju bahwa Kami berhak untuk memblokir dan/atau menutup Akun dan/atau layanan/fasilitas apabila: a.) Kami memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau kriminal yang terkait dengan Akun dan/atau layanan/fasilitas Pengguna DutaMoney; b.) Pemegang atau Nasabah memberikan data yang tidak valid/tidak lengkap kepada Kami; c.) Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh Pemilik akun.

 

  1.          Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.

 

  1.          Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan (a) Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b) Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada Kami.

 

  1.          Kami dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas segala Klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:
    1.         kehilangan Data;

 

  1.         kehilangan pendapatan, keuntungan atau pemasukan lainnya;

 

  1.         kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Anda atas Aplikasi, Layanan dan/atau Akun atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Anda dalam menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun; atau

 

  1.         tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada Dutamoney, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan yang disengaja atau kelalaian oleh Dutamoney.

 

  1.          Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari segala Klaim dalam bentuk apapun dan dimanapun dalam hal Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Kami termasuk namun tidak terbatas pada (a) segala gangguan virus komputer, (b) sistem trojan horses, (c) komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi, Layanan dan/atau Akun, (d) layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan, dan/atau (e) bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Kami.

 

  1.          Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh Klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul, atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
    1.         penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa, dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini;

 

  1.         pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi ini yang Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun di mana Anda merupakan pihak atau di mana Anda atau aset Anda terikat;

 

  1.         penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.

 

  1.          Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim sebagaimana dimaksud butir 6, 8 dan 9 di atas (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).

 

  1.          Anda dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.

 

  1.       Setelah kejadian yang menyebabkan Dutamoney dan/atau rekanannya tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pemilik Akun berakhir, maka Dutamoney dan/atau rekanannya akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia.

 

  1.       Sebagai Pengguna DutaMoney, pemilik Akun, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi yang Anda gunakan untuk login dan mengakses Akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan Akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda.

 

  1. Hak Kekayaan Intelektual

 

  1.       Seluruh Sistem dan Aplikasi termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi Anda; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.

 

  1.       Anda dilarang untuk dengan cara apapun dan dalam kondisi apapun menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik kami sebagaimana dimaksud dalam butir 1 diatas, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.

 

  1. Batas Nilai Uang Elektronik DutaMoney

 

  1.       Batas nilai uang elektronik yang dapat disimpan pada uang elektronik ditetapkan:
    1.         untuk uang elektronik unregistered paling banyak Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah); dan

 

  1.         untuk uang elektronik registered paling banyak Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah).

 

  1.       Batas nilai transaksi uang elektronik dalam 1 (satu) bulan ditetapkan:
    1.         untuk uang elektronik unregistered paling banyak Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah); dan

 

  1.         untuk uang elektronik registered paling banyak Rp40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah).

 

Batas nilai transaksi uang elektronik diperhitungkan dari transaksi yang bersifat incoming.

 

  1. Masa Berlaku dan Pengakhiran

 

  1.       Syarat dan Ketentuan ini berlaku selama Anda belum melakukan penutupan Akun dan uang elektronik pada Layanan DutaMoney.

 

  1.       Kami berhak untuk (i) tidak melaksanakan perintah dari Anda, (ii) tidak melanjutkan atau tidak meneruskan atau membatasi Transaksi, (iii) menghentikan, menangguhkan atau menonaktifkan penggunaan Akun, Layanan, atau Aplikasi, (iv) penahanan sebagian atau seluruh Saldo DutaMoney, dan/atau (v) menghentikan atau menangguhkan keanggotaan Anda sebagai Pengguna DutaMoney, di mana untuk masing-masing kondisi tersebut di atas baik untuk sementara waktu, untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:
    1. berdasarkan penilaian, keputusan, dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Kami mengetahui atau menduga telah atau akan terjadi atau dilakukan penggunaan Akun, Security Code, Aplikasi dan/atau Layanan untuk tujuan penipuan, tujuan kriminal, aksi kejahatan dan/atau untuk tujuan, alasan, aksi atau aktifitas lainnya yang melanggar hukum atau peraturan perundang-undangan negara Republik Indonesia maupun negara lain;
    2. berdasarkan penilaian, keputusan, dan/atau pertimbangan Kami sendiri (a) Kami mengetahui atau menduga terjadi Transaksi yang tidak wajar, dan/atau (b) jumlah Transaksi dengan menggunakan atau melalui Akun dan/atau Security Code dalam satu hari melebihi jumlah atau tingkat kewajaran Transaksi, masing-masing sebagaimana ditentukan oleh Kami;
    3. berdasarkan penilaian, keputusan, dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Anda telah melanggar satu atau lebih Syarat dan Ketentuan DutaMoney dan/atau syarat dan ketentuan afiliasi atau mitra DTK sehingga berpotensi merugikan DTK, afiliasi, dan/atau mitranya baik secara langsung maupun tidak langsung;
    4. berdasarkan perintah dari regulator atau otoritas yang berwenang;
    5. permintaan resmi dari Pengguna DutaMoney melalui jalur pengaduan resmi pada Aplikasi dan/atau detail kontak pada Kontak DTK (“Bantuan”);
    6. sebagian atau seluruh Data tidak benar, tidak lengkap, palsu, fiktif, dan/atau menyesatkan;
    7. alamat email atau telepon yang Anda cantumkan atau gunakan untuk penggunaan Aplikasi atau Layanan atau untuk melakukan Transaksi telah terblokir;
    8. Anda belum melengkapi proses atau persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    9. Kami sedang melakukan pembaharuan, pemeliharaan, perubahan, upgrade, penyesuaian, penggantian, dan/atau tindakan lain atas Aplikasi, Layanan dan/atau Sistem (atau bagian manapun daripadanya) dan untuk itu Kami tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun; dan/atau
    10. Anda meninggal dunia.

 

  1.         Dalam hal Pengguna DutaMoney meninggal dunia, maka keluarga/ahli waris yang hendak mengajukan penutupan Akun wajib menyampaikan dokumen sebagai berikut melalui jalur Bantuan:
  1. fotokopi Akta Kematian Pengguna DutaMoney; 
  1.  fotokopi kartu identitas Pengguna DutaMoney; 
  1. fotokopi kartu keluarga Pengguna DutaMoney;
  1. fotokopi kartu identitas keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan Akun; 
  1. fotokopi kartu keluarga dari keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan Akun; dan
  2. fotokopi keterangan ahli waris yang telah disahkan oleh kelurahan dan kecamatan.

 

  1.         Sehubungan dengan ketentuan yang diatur pada ayat 3 di atas, DTK hanya akan melakukan penutupan Akun dan pengembalian Saldo DutaMoney setelah seluruh dokumen persyaratan di atas telah dinyatakan lengkap oleh DTK. Pengembalian Saldo DutaMoney akan dilakukan paling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja setelah penutupan Akun dilakukan. Jumlah Saldo DutaMoney yang dikembalikan akan dikurangi oleh biaya yang masih tertunggak atau kewajiban lainnya, kecuali jika berdasarkan pertimbangan DTK, diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari Saldo DutaMoney sehubungan dengan adanya indikasi dan/atau dugaan Transaksi Mencurigakan. Sehubungan dengan penahanan bagian dari Saldo DutaMoney tersebut, Pengguna DutaMoney memberikan kuasa kepada DTK dengan hak substitusi dan tidak dapat dicabut kembali untuk melakukan penahanan sebagian dari Saldo DutaMoney tersebut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna DutaMoney. Untuk menghindari keragu-raguan, minimal pengembalian Saldo DutaMoney yang dapat dilakukan oleh DTK adalah sebesar Rp.10.000 (sepuluh ribu Rupiah).

 

  1.         Pengguna DutaMoney dengan ini menyatakan bahwa akan membebaskan DTK dari dari segala bentuk kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran biaya, dan/atau gugatan dalam bentuk apapun sehubungan dengan penutupan Akun dan pengembalian Saldo Dutamoney, termasuk yang diajukan oleh para ahli waris, pelaksana, pengurus atau pihak ketiga manapun yang mewakili Pengguna DutaMoney.

 

  1.         Dalam hal terjadi penutupan Akun dan pengembalian Saldo Dutamoney sebagaimana dimaksud dalam ayat-ayat sebelumnya di atas, Pengguna Dutamoney wajib menyelesaikan seluruh kewajiban Pengguna DutaMoney kepada DTK, afiliasi, dan/atau mitranya yang timbul dan telah ada sebelum penutupan Akun. Pengguna DutaMoney setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sampai seluruh kewajiban Pengguna  DutaMoney telah dipenuhi.

 

  1.       Anda dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.

 

  1.       Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.

 

  1.         Pembatasan akses, penangguhan Layanan dan/atau penutupan Akun untuk sementara waktu atau permanen tidak membatasi hak DTK  untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan Pengguna DutaMoney kepada pihak berwenang, dan/atau mengambil tindakan lain yang DTK anggap perlu untuk melindungi kepentingan DTK.

 

  1. Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Perselisihan

 

  1.       Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

 

  1.       Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
    1.         salah satu pihak baik Anda atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);

 

  1.         jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua;

 

  1.         Anda wajib untuk menanggung seluruh biaya, ongkos, dan pengeluaran yang telah atau mungkin Kami keluarkan atau bayarkan dalam rangka penyelesaian Perselisihan (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya, ongkos, dan pengeluaran untuk menghadiri sidang arbitrase serta untuk mempersiapkan dan mengajukan segala pembelaan, gugatan, tuntutan, informasi, bukti, keterangan, dan/atau dokumen apapun dalam rangka pelaksanaan atau selama proses sidang arbitrase) sampai dengan adanya putusan arbitrase yang final dan mengikat;

 

  1.         kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan butir (f) ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau PIN dapat sewaktu-waktu diakhiri atau dinonaktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.

 

  1. Keadaan Kahar

 

Kami tidak menutup kemungkinan bahwa kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui aplikasi DutaMoney maupun pada Mitra, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan kami termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Segala gangguan virus komputer;

 

  1. Layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan; dan/atau 

 

  1. Bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Kami. Anda dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab Keadaan Kahar ini.

 

  1. Perubahan

 

Kami berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan ini dengan mengumumkannya kepada Anda antara lain melalui aplikasi DutaMoney dan/atau Mitra. Anda memahami dan menyetujui bahwa apabila Anda menggunakan layanan aplikasi DutaMoney dan/atau layanan DutaMoney pada Mitra secara terus-menerus dan berlanjut setelah perubahan, penambahan dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan merupakan bentuk persetujuan Anda atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut. Apabila Anda tidak setuju atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut, Anda diminta berhenti mengakses dan/atau menggunakan Layanan DutaMoney.

 

  1. Penanganan Keluhan Konsumen

 

  1.       Anda dapat mengajukan pertanyaan seputar layanan DutaMoney atau menyampaikan keluhan dengan menghubungi layanan pengguna (Customer Care) DutaMoney melalui:
    1.    Call Center : 031 9920-4050
    2.    Melalui email : info@dutamoney.co.id

 

  1.       Anda juga dapat mengajukan sebagaimana yang dimaksud pada poin 1 kepada Mitra yang telah disediakan.

 

  1. Ketentuan Lain

 

  1.       Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.

 

  1.       Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.